Semua Berita-Berita, Ilmu Pengetahuan, Ilmu Kedokteran, Mengungkap Semua Fakta
Google
 
Web PieLot

Jumat, 19 Desember 2008

Terjadinya Angin Puyuh

Bagaimana terjadinya angin puyuh????


Dalam meteorologi,angin puyuh atau badai tropis,taifun,atau angin ribut adalah sebuah jenis sistem tekanan udara rendah yang terbentuk secara umum di daerah tropis.Sementara angin sejenisnya bisa bersifat destruktif tinggi,siklon tropis adalah bagian penting dari sistem sirkulasi atmosfer,yang memindahkan panas dari daerah khatulistiwa menuju garis lintang yang lebih tinggi.
Daerah pertumbuhan siklon tropis paling subur didunia adalah Samudera Hindia dan perairan barat australia.Sebagaimana dijelaskan Biro Meteorologi Australia,pertumbuhan siklon di kawasan tersebut mencapai rerata 10 kali pertahun.
Siklon tropis selain menghancurkan daerah yang dilewati,juga menyebabkan banjir.Australia telah mengembangkan peringatan dini untuk mengurangi tingkat risiko ancaman siklon tropis sejak era 1960-an.

Gumpalan mesin bara
Berdasarkan strukturnya,siklon tropis adalah daerah raksasa aktivitas awan,angin dan badai petir yang berkisar.Sumber energi primer sebuah siklon adalah pelepasan panas kondensasi/pengembungan dari uap air yang mengembun pada ketinggian.Oleh,sebab itu,siklon tropis bisa ditafsirkan sebagai mesin bara cacak raksasa.
Unsur-unsur dari siklon tropis meliputi kecaburan cuaca yang telah ada,samudra tropis hangat,lengas9uap lembab),dan angin ringan tinggi relatif.Jika kondisi yang tepat berkuat cukup lama,mereka dapat bertautan untuk menghasilkan angin sengit,ombak luarbiasa,hujan amat deras,dan banjir berdampingan dengan fenomena ini.
Penggunaan kondensasi ini sebagai sebuah tenaga pendorong adalah furak primer yang membedakan siklon tropis dari fenomena meteorolgis lainnya.Siklon garis lintang tengah,
misalnya menggambarkan energi mereka sebagian besar dari naik turunnya suhu di atmosfer yang telah ada.Dalam rangka meneruskan untuk mendorong mesin baranya,siklon tropis harus tetap diatas air hangat,yang menyajikan kelembapan atmosfer yang dibutuhkan.Penguapan lengas ini di pacu oleh angin tinggi dan tekanan atmosfer yang dikurangi yang hadir di badainya,mengakibatkan siklus belarut-larut.Sebagai hasilnya,saat sebuah siklon tropis melewati atas daratan,kekuatannya akan menipis dengan pesat.
Siklon tropis digolongkan ke dalam tiga kelompok utama,yaitu:depresi trop[is,badai tropis,dan kelompok ke tiga yang namanya tergantung pada daerh.
Depresi tropis adalah sistem terjuntrung awan dan badai petir dengan sirkulasi dan angun berlarut maksimum permukaan tererasi kurang dari 17 meter per detik(33 knot,38m/j,atau 62km/j).Ia tidak mempunyai mata,dan tidak khas dengan bentuk berpilin dari badai-badai yang lebih kuat.Ia sudah menjadi sistem tekanan rendah,namun karenanya bernma"depresi".
Badai tropis adalah sistem terjuntrung dari badai petir kuat dengan sirkulasi dan angin berlarut maksimum permukaan tererasi di antara 17 dan 33 meter per detik(34-63knot,39-73m/j atau 62-117km/j).Pada waktu ini ,bentuk siklon tersendiri mulai terbina,walau matanya biasanya tak muncul.
Pengistilahan yang di gunkan untuk mendeskripsikan siklon tropis dengan angin berlarut maksimal yang melampaui 33 meter per sekon(63knot,73m/j,atau 117km/j)bervariasi tergantung daerah asalnya,misalnya sebagai berikut:

*Hurikan di Samudera Atlantik Utara,Samudera Pasifik sebelah timur bats penanggalan internasional,dan Samudera Pasifik Selatan sebelah timur 160 BT*.
*Taifun di Samudera Pasifik Barat Daya sebelah barat garis penanggalan*.
*Siklon tropis gawat di Samudera Pasifik Barat Daya sebelah barat 160 BT atau Samudera Hindia Timur Laut sebelah timur 90 BT*.
*Badai siklon gaweat di Samudera Hindia Utara*.
*Siklon tropis di Samudera Hindia Barat Daya*.
Di tempat lain dunia,hurikan telah di kenal sebagai Bagyo di Filipina.Chubasco di Meksiko,dan Taino di Haiti.
Bagian tengah badai siklon tropis yang disebut mata merupakan lingkaran berdiameter antar 10 hingga 100 kilometer,paling sering dilaporkan sekitar 40 meter.Kecepatan angin bagian ini lebih rendah bahkan berlangit cerah.Mata di kelilingi dinding awan padat setinggi 16 kilometer denagn angin dan hujan yang hebat.

0 komentar:

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP